07 April 2009

PERANTAU

Hidup di dunia fana ini, walau di mana berada, bagaikan perantau. Perantau yang mencari bekalan dalam perjalanan ke kampong akhirat nan kekal abadi.

Dari Ibn Umar r.a. katanya: “Rasulullah SAW telah memegang bahuku dan bersabda : ‘Anggaplah dirimu di dunia ini sebagai seorang perantau, atau pengembara. Jika engkau berada di waktu petang, maka janganlah engkau menunggu pagi. Dan jika engkau berada di waktu pagi maka janganlah engkau menunggu petang. Gunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakit. Dan gunakanlah waktu hidupmu sebelum datang waktu mati.” [alHadith]

Sungguh, usah dibuai keindahan dunia hingga terlupa tujuan hidup ini. “ Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan ia hanya berupa permainan dan hiburan sedangkan kehidupan akhirat merupakan kehidupan yang sebenarnya seandainya mereka mengetahui.” [Al- Ankabut:64].

Menghargai waktu yang ada, karena Allah juga telah mengajarkan kepentingan menggunakan waktu dengan sebaiknya; “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh, dan berwasiat (nasihat-menasihati)dengan kebenaran dan berwasiat (nasihat-menasihati) dengan kesabaran.” [Al-‘Asr:1-3]. Saling nasehat-menasehati ke jalanNya, mudah-mudahan tergolong dalam ashabul yamin. “ Maka berilah peringatan, sesungguhnya peringatan itu bermanfaat.”

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw bersabda:” Siapa yang mengajak ke jalan kebenaran maka dia memperolehi pahala sebanyak pahala yang diterima oleh orang-orang yang mengikutinya,tidak kurang sedikitpun. Dan siapa yang mengajak ke jalan kesesatan maka dia memperolehi dosa sama banyak dosa orang-orang yang mengikutinya, tidak kurang sedikitpun.”[Riwayat Muslim]

1 komentar:

  1. silahkan berkoperasi di :
    http://www.nuari-business.com/?mjoin&id=SUHARLIYA

    BalasHapus